Data Pribadi, Data Akademik, Mata Kuliah, EWMP, Karya Ilmiah, Penelitian , Pengabdian kepada Masyarakat, Publikasi Jurnal,Publikasi Oral / Poster, Paten dan Haki Bahan Ajar / Buku / Software, Pengalaman Jabatan, Pengalaman Kunjungan ke Luar negeri, Penghargaan 

Random Dosen


      

Data Dosen Prodi Pendidikan Luar Biasa [Kembali]


PROFIL DOSEN
 Nama  Dr. Herry Widyastono, M.Pd
 NIP  195911041983031002
 TTL  Surakarta, 04 November 1959
 Jurusan / Prodi  Ilmu Pendidikan / Pendidikan Luar Biasa
 Email  herrywidyastono@yahoo.com
 Website  http://
 Riwayat Pendidikan  S1 :Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1982
 Bidang Ilmu : Pendidikan Luar Biasa
 S2 :Program Pascasarjana IKIP Jakarta, 1990
 Bidang Ilmu : Teknologi Pendidikan
 S3 :Program Pascasarjana IKIP Jakarta, 1998
 Bidang Ilmu : Ilmu Pendidikan
 Keahlian  Pendidikan Anak Berbakat dan Kajian Kurikulum
 Judul Desertasi  KINERJA GURU SEKOLAH DASAR: Suatu Studi Korelasiopnal antara Bakat Skolastik, Kreativitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar dalam Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam
 

Penelitian

No
Judul
Jabatan
Tahun
Sumber Dana
Kategori
1 Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Akreditasi A di Provinsi Jawa Timur Ketua 2016 Kemendiknas Nasional
2 Pemahaman Guru Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Pertama tentang Program Peminatan Pendidikan Menengah Ketua 2016 Kemendiknas Nasional
3 Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Pembelajaran dan Manajemen Sekolah Rintisan Penerapan Kurikulum 2013 Ketua 2014 Kemendiknas Nasional
4 Minat terhadap Profesi Guru, Pengetahuan tentang Penilaian Hasil Belajar, dan Kualitas Kurikulum Buatan Guru. Ketua 2012 Kemendiknas Nasional
5 Kemampuan Guru dalam Menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Ketua 2011 Kemendiknas Nasional
6 Pengaruh Permainan Tiup dan Tingkat Ketunarunguan terhadap Hasil Belajar Bicara Anak Tunarungu Ketua 2002 Kemendiknas Nasional
7 Profil Siswa Sekolah Dasar yang Memerlukan Perhatian/Pelayanan Khusus dan yang Berkesulitan Belajar Ketua 1999 Kemendiknas Nasional
8 Profil Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama yang Memerlukan Perhatian/Pelayanan Khusus dan yang Berkesulitan Belaja Ketua 1999 Kemendiknas Nasional
 

Pengabdian


Data Belum Ada

Penghargaan


Data Belum Ada

Karya Ilmiah

No
Judul
Tahun
Jenis
Kategori
1 Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Akreditasi A di Provinsi Jawa Timur (Jurnal Teknologi Pendidikan Kwangsan Vol 5 No.1 ISSN: 2338-9184, Terakreditasi LIPI) 2017 Publikasi Ilmiah Nasional
2 Pemahaman Guru Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Pertama tentang Program Peminatan Pendidikan Menengah (Jurnal Dikbud Vol 2 No.1 Juni 2017 ISSN 2460-8300 Terakreditasi LIPI) 2017 Publikasi Ilmiah Nasional
3 Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Pembelajaran dan Manajemen Sekolah Rintisan Penerapan Kurikulum 2013 (Jurnal Teknologi Pendidikan Kwangsan 2015; 3 (2): ISSN: 2338-9184, Terakreditasi LIPI) 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
4 Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah (Buku). Jakarta: BUMI AKSARA; 2014. 2014 Publikasi Ilmiah Nasional
5 Alternatif Program Pendidikan bagi Peserta Didik SMA yang Memiliki Kecerdasan Istimewa. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2013; 19 (4):ISSN 2460-8300 Terakreditasi LIPI) 2013 Publikasi Ilmiah Nasional
6 Strategi Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah. (Jurnal Teknodik 2013; 17 (2): Terakreditasi LIPI) 2013 Publikasi Ilmiah Nasional
7 Minat terhadap Profesi Guru, Pengetahuan tentang Penilaian Hasil Belajar, dan Kualitas Kurikulum Buatan Guru. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang Kemdikbud 2013; 18 (3); Terakreditasi LIPI) 2013 Publikasi Ilmiah Nasional
8 Kemampuan Guru dalam Menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2012; 18 (3): Terakreditasi LIPI) 2012 Publikasi Ilmiah Nasional
9 Implikasi RPJMN 2010-2014 Sektor Pendidikan terhadap Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2012; 18 (3): Terakreditasi LIPI) 2012 Publikasi Ilmiah Nasional
10 Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2012; 18 (4): Terakreditasi LIPI) 2012 Publikasi Ilmiah Nasional
11 Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Melalui Optimalisasi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2010; 16 (Edisi Khusus III):Terakreditasi LIPI) 2010 Publikasi Ilmiah Nasional
12 Pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2010; 16 (3):Terakreditasi LIPI) 2010 Publikasi Ilmiah Nasional
13 Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2009; 15 (6): Terakreditasi LIPI) 2009 Publikasi Ilmiah Nasional
14 Penyelenggaraan Pendidikan Khusus di Daerah Khusus. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2008; 13 (Edisi Khusus II): Terakreditasi LIPI) 2008 Publikasi Ilmiah Nasional
15 Pedoman Pengembangan Kurikulum Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (Buku). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas; 2008 2008 Publikasi Ilmiah Nasional
16 Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2007; 13 (069): Terakreditasi LIPI) 2007 Publikasi Ilmiah Nasional
17 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2007; 13 (066): Terakreditasi LIPI) 2007 Publikasi Ilmiah Nasional
18 Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkelainan. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2007; 13 (065): Terakreditasi LIPI) 2007 Publikasi Ilmiah Nasional
19 Metodologi Penelitian Ilmiah dan Alamiah. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2007. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2007; 13 (068): Terakreditasi LIPI) 2007 Publikasi Ilmiah Nasional
20 Pengaruh Permainan Tiup dan Tingkat Ketunarunguan terhadap Hasil Belajar Bicara Anak Tunarungu. (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 2003; 13 (1): Terakreditasi LIPI) 2003 Publikasi Ilmiah Nasional
21 Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akseleran. (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 2002; 12 (2): Terakreditasi LIPI) 2002 Publikasi Ilmiah Nasional
22 Penyelenggaraan Kelas Akselerasi bagi Siswa yang Memiliki Kemampuan dan Kecerdasan Luar Biasa. Prosiding Seminar Karya Ilmiah Dosen UHAMKA. 2002; Jakarta, UHAMKA PRESS. 2002 Prosiding Nasional
23 Sistem Percepatan Kelas (Akselerasi) bagi Siswa yang Memiliki Kemampuan dan Kecerdasan Luar Biasa. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2000; 6 (026): 496-509, Terakreditasi LIPI) 2000 Publikasi Ilmiah Nasional
24 Penyelenggaraan Sistem Percepatan Kelas (Akselerasi): Kajian Yuridis dan Konseptual. (Jurnal Pendidikan dan Manajemen MATAHARI 2000; 1 (2): 4-10) 2000 Publikasi Ilmiah Nasional
25 Profil Siswa Sekolah Dasar yang Memerlukan Perhatian/Pelayanan Khusus dan yang Berkesulitan Belajar (Buku). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 2000. 2000 Publikasi Ilmiah Nasional
26 Profil Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama yang Memerlukan Perhatian/Pelayanan Khusus dan yang Berkesulitan Belaja (Buku). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 2000. 2000 Publikasi Ilmiah Nasional
27 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 1999; 5 (018): Terakreditasi LIPI) 1999 Publikasi Ilmiah Nasional
28 Kinerja Guru Sekolah Dasar: Studi Korelasional antara Bakat Skolastik, Kreativitas, dan Motivasi Berprestasi, dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar dalam Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 1999; 5 (020). Terakreditasi LIPI) 1999 Publikasi Ilmiah Nasional
29 Kreativitas da Kemampuan Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam Guru Sekolah Dasar. (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 1998; 18 (8). Terakreditasi Dikti) 1998 Publikasi Ilmiah Nasional
30 Kemampuan Merencanakan dan Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Guru Sekolah Dasar. (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi. 1998; 19 (8). Terakreditasi Dikti) 1998 Publikasi Ilmiah Nasional
31 Siswa Sekolah Dasar yang Berkesulitan Belajar dan Penanganan Kesulitan Belajar Membaca. (Jurnal Kajian Pendidikan dan Kebudayaan 1998; 013 (IV). Terakreditasi LIPI) 1998 Publikasi Ilmiah Nasional
32 Profil Siswa Sekolah Dasar yang Memerlukan Perhatian/Pelayanan Khusus. (Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan dan Kebudayaan 1997; 008 (II). Terakreditasi LIPI) 1997 Publikasi Ilmiah Nasional
33 Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1997. 1997 Publikasi Ilmiah Nasional
34 Pedoman Mengidentifikasi Siswa Berkesulitan Belajar (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1997. 1997 Publikasi Ilmiah Nasional
35 Pedoman Mengelola Siswa Berkesulitan Belajar di Kelas Biasa (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1997. 1997 Publikasi Ilmiah Nasional
36 Pedoman Menangani Anak Berkesulitan Belajar Membaca (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1997. 1997 Publikasi Ilmiah Nasional
37 Pedoman Menangani Anak Berkesulitan Belajar Menulis (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1997. 1997 Publikasi Ilmiah Nasional
38 Pedoman Menangani Anak Berkesulitan Belajar Berhitung (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1997 1997 Publikasi Ilmiah Nasional
39 Profil Siswa Sekolah Dasar yang Berkesulitan Belajar. (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 1996; 15 (5). Terakreditasi Dikti) 1996 Publikasi Ilmiah Nasional
40 Kurikulum Plus: Satu Alternatif Program Pembelajaran bagi Anak Unggul. Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 1996; 14 (5). Terakreditasi Dikti) 1996 Publikasi Ilmiah Nasional
41 Kebijakan Penyelenggaraan Sekolah Unggul: Landasan Yuridis, Filososfis, dan Konseptual. (Majalah KORPRI 1996; 236 (XX)) 1996 Publikasi Ilmiah Nasional
42 Penerapan Filsafat Ilmu di Sekolah Dasar. Majalah KORPRI 1996; 239 (XX)) 1996 Publikasi Ilmiah Nasional
43 Penelitian Alat Identifikasi Anak Berkelainan: Studi Korelasional antara Hasil Penilaian Guru dan Orang Tua dengan Hasil Penilaian Para Ahli. (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 1994; Edisi Khusus. Terakreditasi Dikti) 1994 Publikasi Ilmiah Nasional
44 Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan. (Majalah KORPRI 1994; 212 (XVIII)) 1994 Publikasi Ilmiah Nasional
45 Paket B: Satu Alternatif dalam Pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar. (Majalah SUARA GURU 1994; 10 (XLIII)) 1994 Publikasi Ilmiah Nasional
46 Rencana dan Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Pendidikan Nasional. (Majalah SUARA GURU 1994; 10 (XLIII)) 1994 Publikasi Ilmiah Nasional
47 Pendidikan Bagi Siswa Berbakat: Mungkinkah Diselenggarakan di Indonesia? (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 1993; 6 (2). Terakreditasi Dikti) 1993 Publikasi Ilmiah Nasional
48 Penelitian Alat Identifikasi Siswa Berbakat. (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 1993; 6 (2). Terakreditasi LIPI) 1993 Publikasi Ilmiah Nasional
49 Kemampuan yang Diharapkan Dimiliki Lulusan Pendidikan Guru Pendidikan Luar Biasa: Tinjauan dari Aspek Kurikulum Pendidikan Luar Biasa 1994. (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 1993; 7 (2). Terakreditasi Dikti) 1993 Publikasi Ilmiah Nasional
50 Pilihan Masyarakat Terhadap Program di Perguruan Tinggi: Suatu Studi Terhadap Siswa SLA dan Orang Tuanya. (Majalah KORPRI 1993; 201 (XVII)) 1993 Publikasi Ilmiah Nasional
51 Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Berbahasa Anak Tunarungu. (Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi 1992; 2 (1). Terakreditasi Dikti) 1992 Publikasi Ilmiah Nasional
52 Pendekatan Penelitian: Kuantitatif dan Kualitatif. (Majalah Ilmiah KAIS Kajian Ilmu Sosial 1992; 10 (III)) 1992 Publikasi Ilmiah Nasional
53 Sumber Pengetahuan, Struktur Penelitian dan Penulisan Ilmiah, serta Berbagai Permasalahannya. Prosiding Seminar Karya Ilmiah Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta. 1991/1992; Jakarta, Badan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Jakarta. 1991 Prosiding Nasional
54 Penelitian Perkembangan Anak Cacat Ganda (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1991. 1991 Publikasi Ilmiah Nasional
55 Penelitian Kurikulum Sekolah Luar Biasa (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1991. 1991 Publikasi Ilmiah Nasional
56 Penelitian Perkembangan Anak Cacat Ganda (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1991. 1991 Publikasi Ilmiah Nasional
57 Penelitian Kurikulum Sekolah Luar Biasa (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1991. 1991 Publikasi Ilmiah Nasional
58 Anak Berbakat: Berbagai Masalahnya dan Alternatif Layanan Pendidikannya. (Majalah KORPRI 1990; 168 (XIV)) 1990 Publikasi Ilmiah Nasional
59 Sumber Pengetahuan, Struktur Penelitian dan Penulisan Ilmiah, serta Berbagai Permasalahannya. (Majalah Ilmiah KAIS Kajian Ilmu Sosial 1989; 1 (I)) 1989 Publikasi Ilmiah Nasional
60 Preferensi Masyarakat Peminat Pendidikan Tinggi Terhadap Program Pendidikan Gelar (Sarjana) dan Program Pendidikan Non Gelar (Diploma) (Buku). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta; 1989. 1989 Publikasi Ilmiah Nasional
61 Alat Identifikasi Siswa Berbakat: Studi Korelasional Antara Hasil Penilaian Guru dengan Hasil Tes Psikologis dan Tes Prestasi Belajar Baku (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1986. 1986 Publikasi Ilmiah Nasional
62 Pedoman Pengelolaan Pelaksanaan Program Pembinaan Bakat Siswa (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1986. 1986 Publikasi Ilmiah Nasional
63 Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dengan Konsep Kurikulum Berdiferensiasi (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1986. 1986 Publikasi Ilmiah Nasional
64 Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Siswa Berbakat (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1986. 1986 Publikasi Ilmiah Nasional
65 Pedoman Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Mengajar Siswa Berbakat (1986). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1986. 1986 Publikasi Ilmiah Nasional
66 Pedoman Pelaksanaan Identifikasi Siswa Berbakat (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1986. 1986 Publikasi Ilmiah Nasional
67 Penelitian Kebutuhan Guru SPG dan SGO yang Alih Tugas Menjadi Guru SLTA Lain (Buku). Jakarta: Balitbang Depdikbud; 1986. 1986 Publikasi Ilmiah Nasional
68 Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa (1986). Jakarta: Balitbang Depdikbud; 1986. 1986 Publikasi Ilmiah Nasional
69 Pelayanan Penderita Tunanetra di Indonesia (1985). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1985. 1985 Publikasi Ilmiah Nasional
70 Pandangan Psikologi Siswa Tunanetra (1985). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1985. 1985 Publikasi Ilmiah Nasional
71 Mengerti dan Memenuhi Kebutuhan Perkembangan Siswa Tunanetra (Buku). Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud; 1985. 1985 Publikasi Ilmiah Nasional
 

Kegiatan


Data Belum Ada

Jurnal


Data Belum Ada

Buku

No
Judul Buku
Tahun
ISBN
Penerbit
Kategori
1 Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah 2014 - Bumi Aksara Nasional
 

Jabatan


Data Belum Ada