Data Pribadi, Data Akademik, Mata Kuliah, EWMP, Karya Ilmiah, Penelitian , Pengabdian kepada Masyarakat, Publikasi Jurnal,Publikasi Oral / Poster, Paten dan Haki Bahan Ajar / Buku / Software, Pengalaman Jabatan, Pengalaman Kunjungan ke Luar negeri, Penghargaan 

Random Dosen


      

Data Dosen Prodi Bahasa Inggris [Kembali]


PROFIL DOSEN
 Nama  Dr. Sumardi, M.Hum
 NIP  197406081999031002
 TTL  Sragen, 08 Juni 1974
 Jurusan / Prodi  Pend. Bahasa dan Seni / Bahasa Inggris
 Email  sumardi74@staff.uns.ac.id
 Website  http://robertsumardi.wordpress.com/
 Riwayat Pendidikan  S1 :Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 1997
 Bidang Ilmu : Pend. Bhs. Inggris
 S2 :Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta , 2005
 Bidang Ilmu : Linguistik Bidang Penerjemahan
 S3 :Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2011
 Bidang Ilmu : Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
 Keahlian  English Language Teaching
 Judul Desertasi  Model Pengembangan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris Berbasis Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
 

Penelitian

No
Judul
Jabatan
Tahun
Sumber Dana
Kategori
1 Bercerita berbasis Multimodalitas sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa dengan Kesulitan Pendengaran (Hard Hearing Students) Anggota 2020 LPPM Nasional
2 Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Berbasis Pemanfaatan Teknologi Digital dengan Pendekatan Production-Oriented Approach Anggota 2020 LPPM unggulan
3 Language Teacher Training and Education International Conference (LTTE): Post-Pandemic Language Pedagogy Anggota 2020 LPPM internasional
4 Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar Ketua 2020 Dana Mandiri Nasional
5 An Integrated-Extensive Reading Task: Narrating Students’ Perception and Language Proficiency Ketua 2019 Dana Mandiri Nasional
6 Edmodo Impacts: Mediating Digital Class and Assessment in English Language Teaching Ketua 2018 Dana Mandiri Nasional
7 Group-Based Oral Presentation: Improving Students’ Motivation and Spontaneous Speaking Skills Ketua 2016 Dana Mandiri Nasional
 

Pengabdian

No
Judul
Jabatan
Tahun
Sumber Dana
Kategori
1 Pendampingan Bagi Guru dan Orang Tua Bercerita berbasis Multimodalitas sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa dengan Kesulitan Pendengaran Anggota 2020 LPPM
2 Teknik Penyusunan Soal HOTS untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Ketua 2019 Ditjen PMPTK
3 Teknik Penyusunan e-Modul sebagai Sumber Belajar Ketua 2019 Ditjen PMPTK
4 Strategi Pengembangan Soal dan Analisis Kualitas Butir Soal untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris Ketua 2015 Dana Mandiri
 

Penghargaan

No
Nama Penghargaan
Tahun
Institusi
Kategori
1 Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya X Tahun 2010 Presiden Republik Indonesia Nasional
 

Karya Ilmiah

No
Judul
Tahun
Jenis
Kategori
1 Participant of Workshop on "Make English Fun to Learn" 2020 Makalah Nasional
2 Prenseter dalam The 2nd International Conference on Language, Literature, and Teaching dengan judul makalah "TEACHING STRATEGIES IN EFL FLIPPED CLASSROOM: A TREND TOWARDS EDUCATION 4.0" 2019 Prosiding Internasional
3 Narasumber dalam workshop dengan "Strategi Pengembangan Soal dan Analisis Kualitas Butir Soal untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris" untuk guru-guru SMK Negeri 1 Miri 2019 Makalah Lokal
4 Narasumber dalam workshop "Teknik Penyusunan e-Modul sebagai Sumber Belajar" bagi guru-guru SMA di kabupaten Sragen 2019 Makalah Lokal
5 Narasumber dalam workshop "Strategi Pengembangan Soal dan Analisis Kualitas Butir Soal " untk guru-guru SMA Negeri 1 Plupuh, Kabupaten Sragen 2019 Makalah Lokal
6 Participant of Pre-conference Workshop on "Wrting for international journal publication" 2019 Makalah Internasional
7 Peserta dalam ICEAR's Workshop "Mendesain Instrumen Riset untuk Data Berkualitas Artikel Terindeks Scopus/SSCI" 2019 Makalah Nasional
8 Presenter dalam 2nd English Language and Literature International Conference (ELLiC) dengan judul makalah "SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ PROBLEMS IN WRITING: A Preliminary Study of Implementing Writing E-Journal as Self Assessment to Promote Students’ Writing Skill" 2018 Prosiding Internasional
9 Peserta Workshop Penulisan Buku 2018 Makalah Nasional
10 Participant of Extensive Reading Workshop 2018 Makalah Internasional
11 Presenter dalam The 15th ASIA TEFL International Conference 2017 dengan judul makalah “Edmodo Impacts: Fostering a Better Instruction and Assessment in ELT Classrooms” yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta 2017 Prosiding Internasional
12 Peserta Pelatihan Penulisan Soal Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Penilaian Pendidikan 2017 Makalah Nasional
13 Peserta Workshop Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produkstif Menjadi Guru Hebat Dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh SEAMEO RELC 2017 Makalah Nasional
14 Presenter dalam The International Conference on Educational Research and Evaluation 2016 dengan judul makalah “Performance-Based Assessment as A Current Trend in ELT: Investigating Its Washback Effects on Secondary-School Student Learning” yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. 2016 Prosiding Internasional
15 Narasumber dalam workshop dengan tema “Strategi Pengembangan Soal dan Analisis Kualitas Butir Soal untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris” bagi guru-guru bahasa Inggris SMA di kabupaten Sragen 2015 Makalah Lokal
16 Presenter dalam the 62nd TEFLIN International Conference 2015 dengan judul makalah “Weblog-Based Teaching Materials: Facilitating Students to Learn Better in EFL Classrooms” di Universitas PGRI Adibuana Surabaya. 2015 Makalah Internasional
17 Presentar dalam The 12th JETA International Conference dengan judul "Group-Based Oral Presentation: Improving Students' Spontanous Speaking Skills" 2015 Prosiding Internasional
18 Kunjungan ke Halal Center of International Islamic University Malaysia 2015 Makalah Internasional
19 Kunjungan ke Kanto International High School, Tokyo-Japan 2015 Makalah Internasional
20 Narasumber dalam workshop “Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris”untuk guru-guru bahasa Inggris SMA di kabupaten Sragen 2014 Makalah Lokal
21 Presenter dalam the 61st TEFLIN International Conference 2014 dengan judul makalah “The Students’ Perception of the Teacher’s Tasks and Their Accomplishment in the Speaking Class” 2014 Prosiding Internasional
22 Presenter dalam the 10th Annual CamTESOL International Conference on English Language Teaching di Phnom Penh, Cambodia dengan judul makalah“A Dynamic Integrated Approach to Teacher Professional Development: Building Engagement and Collaboration Among English Teachers” 2014 Makalah Internasional
23 Narasumber dalam workshop dengan tema “Penilaian Autentik Pembelajaran Bahasa Inggris” untuk guru-guru bahasa Inggris SMA di kabupaten Sragen 2014 Makalah Lokal
24 Narasumber dalam workshop “Penulisan Artikel Ilmiah” untuk guru-guru bahasa Inggris SMP di kabupaten Karanganyar 2014 Makalah Lokal
25 Narasumber dalam workshop “Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris” untuk guru-guru bahasa Inggris SMA di kabupaten Sragen 2014 Makalah Lokal
26 Kunjungan ke National University of Singapore, Singapore, 24 February 2014 2014 Makalah Internasional
27 Kunjungan ke Reseach Center of Universiti Putra Malaysia, Malaysia, 25 February 2014 2014 Makalah Internasional
28 Narasumber dalam kegiatan Workshop BERMUTU dengan tema “Assessmen Pembelajaran Bahasa Inggris” untuk guru-guru bahasa Inggris SMP di kabupaten Karanganyar 2013 Makalah Lokal
29 Narasumber dalam Workshop BERMUTU dengan tema “Penelitian Tindakan Kelas”untuk guru-guru bahasa Inggris SMP di kabupaten Brebes 2012 Makalah Lokal
30 Narasumber dalam seminar nasional “Penulisan Disertasi Doktor” yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti di Shapire Hotel Yogyakarta 2011 Makalah Nasional
31 Narasumber dalam Seminar “Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan” untuk guru-guru bahasa Inggris SMA di kabupaten Blora 2010 Makalah Lokal
32 Participant of Doctoral Sandwich Program in Indiana University of Bloomington, USA, October - December 2009 2009 Makalah Internasional
33 Narasumber dalam Seminar “Implementasi dan Implikasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan” untuk guru-guru bahasa Inggris SMA di kabupaten Sragen 2008 Makalah Lokal
34 Narasumber dalam kegiatan Workshop “Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Lesson Study” untuk para Wakil Kepala Sekolah dan Kepala Sekolah SMA se-kabupaten Boyolali 2008 Makalah Lokal
35 Narasumber dalam kegiatan Workshop “Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Lesson Study” untuk guru-guru Bahasa Indonesia SMA di kabupaten Sragen 2008 Makalah Lokal
 

Kegiatan

No
Kegiatan
Tahun
Peranan
Kategori
1 Workshop Penulisan Soal HOTS 2020 Nara Sumber Lokal
2 Bimbingan Teknis Penyusunan Alat Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013 2019 Nara Sumber Lokal
3 Bimbingan Teknis Penyusunan E-Modul 2019 Nara Sumber Lokal
4 Workshop tentang “Mendesain Instrumen Riset untuk Data Berkualitas Artikel Terindeks Scopus/SSCI” 2019 Peserta Nasional
5 Workshop on Writing for International Journal Publication 2019 Peserta Nasional
6 The 2nd International Conference on Language, Literature and Teaching (ECoLLiT) 2019 Pemakalah Internasional
7 3rd English Language and Literature International Conference (ELLiC) on Reimagining New Cyber-Based Education, Literature, Linguistics, and translation 2019 Pemakalah Internasional
8 2nd English Language and Literature International Conference (ELLiC) on Future Perspective for Language Education, linguistic, and Literature in 4.0 Era 2018 Pemakalah Internasional
9 Extensive Reading Workshop 2018 Peserta Internasional
10 Workshop “Pemanfaatan Smartphone untuk Lietarasi Produktif: Menjadi Guru yang Hebat dengan Smartphone” 2017 Peserta Nasional
11 International Seminar on The Power of Storytelling and Debating in ELT 2017 Peserta Internasional
12 The 15th ASIA TEFL and 64th TEFLIN International Conference on ELT in Asia in the Digital Era: Global Citizenship and Identity 2017 Pemakalah Internasional
13 The 63rd TEFLIN International Conference on Creativity and Innovation in Language Materials Development and Language Teaching Methodology in Asia and Beyond 2016 Pemakalah Internasional
14 The International Conference on Educational Research and Evaluation 2016 Pemakalah Internasional
15 The 10th CamTESOL Conference on English Language Teaching 2014 Pemakalah Internasional
16 The 61st TEFLIN International Conference 2014 on "English Curriculum Development: Implications for Innovations in Language Policy and Planning, Pedagogical Practices, and Teacher Professional Development" 2014 Pemakalah Internasional
17 Doctoral Sandwich Program di Indiana University of Bloomington, USA, Oktober 2009 – Januari 2010 2009 Peserta Internasional
 

Jurnal

No
Judul
Dimuat Dalam Jurnal
Nama Jurnal
Tahun
Volume
No Registrasi
Kategori
1 ADAPTATION TO EMERGENCY REMOTE TEACHING: PEDAGOGICAL STRATEGY FOR PRE-SERVICE LANGUAGE TEACHERS AMID COVID-19 PANDEMIC Turkish Online Journal of Distance Education 2021 22 (2) 1302-6488 Internasional
2 Tertiary English students’ attitude towards intercultural language learning Indonesian Journal of Applied Linguistics 2020 9(3) 2301-9468 Internasional
3 Digital Video Project: An Authentic Assessment to Assess Students’ Speaking Skills Indonesian Journal of EFL and Linguistics 2020 5(1) 2503-4197 Nasional Terakreditasi
4 Reflection as a Way to Grapple TPACK Complexity for EFL Teachers Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal 2020 3(2) 2655-1470 Internasional
5 EDMODO IMPACTS: MEDIATING DIGITAL CLASS AND ASSESSMENT IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING Jurnal Cakrawala Pendidikan 2020 39(2) 1442-8620 Internasional
6 TPACK FRAMEWORK: CHALLENGES AND OPPORTUNITIES IN EFL CLASSROOMS Research and Innovation in Language Learning 2020 3(1) 2615-4137 Nasional Terakreditasi
7 ORAL PEER FEEDBACK IN A FLIPPED SPEAKING JOB INTERVIEW CLASS: PRACTICE AND LEARNERS’ ATTITUDES JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies) 2020 7(2) 2503-2194 Internasional
8 Survival Skills in Digital Era: An Integration of Digital Literacy into EFL Classroom Indonesian Journal of EFL and Linguistics 2020 5(2) 2503-4197 Internasional
9 TOWARD CREATIVITY AND SPEAKING ABILITY OF EFL STUDENTS: A MIXED-METHOD STUDY LLT Journal: A Journal on Language and Language Learning 2020 23(2) 2579-9533 Nasional Terakreditasi
10 GAMIFICATION-BASED ASSESSMENT: THE WASHBACK EFFECT OF QUIZIZZ ON STUDENTS’ LEARNING IN HIGHER EDUCATION International Journal of language Education 2020 4 (1) 2548-8465 Internasional
11 TAKING A CLOSER LOOK AT BLENDED LEARNING ACTIVITIES IN A PARAGRAPH WRITING COURSE Journal of Education and Teaching (IOJET) 2019 6(1) 2148-225X Internasional
12 Using Voicespice to Spice up ESP/EFL Teaching: Experience of ELT Teachers in an Aviation Training Center Journal of Foreign Language Education and Technology 2019 4(2) 2536-4731 Internasional
13 Gamification Based assessment: A Test Anxiety Reduction through Game Elements in Quizizz Platform Indonesian Journal of Educational Researach 2019 4(1) 2541-2132 Nasional Terakreditasi
14 “DEFENDS” as An Effective Writing Strategy to Cre-ate Students Creativity International Journal of Language Teaching and Education 2019 3(1) 2598-2303 Internasional
15 An Autobiography of Novice Teacher in Using Multimodality for Teaching Reading to Young Learners International Journal of Language Teaching and Education 2019 3(1) 2598-2303 Internasional
16 Discovering the teachers' beliefs in TPACK framework for teaching English in high school Indonesian Journal of Informatics Education 2019 3(1) 2549-0389 Nasional Terakreditasi
17 Multimodality Practices in Hearing Impairment EFL Classroom Indonesian Journal of Educational Research 2019 4(2) 2541-2159 Nasional Terakreditasi
18 IMPROVING STUDENTS PRONUNCIATION USING VIDEO DUBBING Academic Journal PERSPECTIVE: Language, Education and Literature 2019 7(1) 2621-6981 Nasional Terakreditasi
19 Integrating “Daily Learn English Application” to Teach Speaking Skill in EFL Classroom Indonesian Journal of EFL and Linguistics 2019 4(2) 2503-4197 Nasional Terakreditasi
20 The Use of Multimodal Texts in An English Classroom of Hard-of- Hearing Learners Pedagogy Journal of English Language Teaching 2019 7(2) 2580-1473 Nasional Terakreditasi
21 Students’ Perceptions on Reflective Journal as Self-Assessment to promote writing skills in EFL Class ELS Journal on Interdisciplinary Studies on Humanities 2019 2(4) 2621-0843 Nasional Terakreditasi
22 G.R.A.S.P.S Strategy: Decreasing Students’ Difficulties in Writing Persuasive Text International Journal of Language Teaching and Education 2019 3(2) 2598-2303 Nasional Terakreditasi
23 Blended Learning in a Paragraph Writing Course: A Case Study International Journal of Language Teaching and Education 2018 2 (3) 2598-2303 Nasional Terakreditasi
24 Investigating Purpose and Impact of Professional Development in Response to Shifting Curriculum International Journal of Social Sciences & Educational Studies 2018 5(2) 2520-0968 Internasional
25 Immersion vs. construction: The portrayals of culture in Indonesian EFL learning paradigm Journal of Language and Linguistic Studies 2018 14(2) 1305-578X Internasional
26 Teaching Culture: The Prevailing Stance of Indonesian EFL Teachers International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 2018 5(4) 2364-5369 Internasional
27 Biological Basis of Language: A Case Study of Ameera’s Biological and Language Development International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 2018 5(5) 2364-5369 Internasional
28 A STUDY OF EFL STUDENTS’ AWARENESS ON APOLOGY THROUGH CROSS CULTURAL LEARNING ACTIVITIES Journal of English Language Education 2018 1(1) 2622-8777 Nasional Terakreditasi
29 Writing Material for Office Administration Study Program in Vocational High School: Students’ Need Analysis Journal of English Education 2018 3(2) 2502-6909 Nasional Terakreditasi
30 LEARNING STRATEGIES USED BY THE STUDENTS IN PERFORMANCE ASSESSMENT IN EFL CLASSROOM HUMANIORA 2018 9(3) 2087-1236 Nasional Terakreditasi
31 STUDENTS’ SPEAKING SKILL IN ENGLISH IMMERSION SCHOOL (A Case Study) Pancaran Pendidikan 2018 7(1) 0852-601X Nasional Terakreditasi
32 An Application of Powtoon as a Digital Medium: Enhancing Students’ Pronunciation in Speaking International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 2018 5(2) 2364-5369 Internasional
33 Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG): An Alternative Medium in English Language Teaching (ELT) Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities 2017 25 (S) 2231-8534 Internasional
34 The Quality of Teacher-Made Test in EFL Classroom at the Elementary School and Its Washback in the Learning Journal of English Education 2017 2(2) 2502-6909 Nasional Terakreditasi
35 PERFORMANCE-BASED ASSESSMENT AS A CURRENT TREND IN ELT: INVESTIGATING ITS WASHBACK EFFECTS ON SECONDARY-SCHOOL STUDENTS LEARNING Kajian Linguistik dan Sastra 2017 2(1) 2541-2558 Nasional Terakreditasi
36 MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALSIME GURU BAHASA INGGRIS BERBASIS EVALUASI PROGRAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN Jurnal Pendidikan 2012 13 (2) 2443-3586 Nasional Terakreditasi
 

Buku

No
Judul Buku
Tahun
ISBN
Penerbit
Kategori
1 Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar 2020 978-623-02-2063-0 Deepublish, Yogyakarta Nasional
2 Model Pengembangan Profesionalsime Guru Berbasis MGMP 2016 978-602-401-329-5 Deepublish Yogyakarta Nasional
 

Jabatan

No
Jabatan
Institusi
Tahun
1 Koordinator bidang SPME Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNS 2020 - 2020
2 Koordinator Tim Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNS 2020 - 2020
3 Anggota Teaching English as a Foreign Language in Indonesia (TEFLIN) 2020 - 2024
4 Anggota Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) 2020 - 2024