Data Pribadi, Data Akademik, Mata Kuliah, EWMP, Karya Ilmiah, Penelitian , Pengabdian kepada Masyarakat, Publikasi Jurnal,Publikasi Oral / Poster, Paten dan Haki Bahan Ajar / Buku / Software, Pengalaman Jabatan, Pengalaman Kunjungan ke Luar negeri, Penghargaan 

Random Dosen


      

Data Dosen Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar [Kembali]


PROFIL DOSEN
 Nama  Drs. Chumdari, M.Pd
 NIP  195605121981111001
 TTL  Kebumen, 12 Mei 1956
 Jurusan / Prodi  Ilmu Pendidikan / Pend. Guru Sekolah Dasar
 Email  chum_dari@yahoo.co.id
 Website  http://
 Riwayat Pendidikan  S1 :FKIP UNS, 1988
 Bidang Ilmu : PKTP
 S2 :PPS UNS, 2004
 Bidang Ilmu : TP
 S3 :FKIP UNS, 2018
 Bidang Ilmu : ILMU PENDIDIKAN
 Keahlian  Ilmu Pendidikan/ Teknologi Pend.
 Judul Desertasi  Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Inkuiri untuk Peningkatan Pencapaian Nilian-nilai Karakter di Sekolah Dasar
 

Penelitian

No
Judul
Jabatan
Tahun
Sumber Dana
Kategori
1 3. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar; Ketua 2014 DIPA BLU FKIP unggulan
2 Pengembangan Model Pendidikan KarakterTerintegrasi dalam Pembelajaran di SekolahDasar Ketua 2013 DIPA BLU FKIP Nasional
3 Pengembangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di SD Anggota 2013 LPPM Nasional
4 Pengembangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Ketua 2012 DIPA BLU FKIP Nasional
5 Keefektifan Penggunaan model konstruktivistik pada mata kuliah perencanaan pembelajaran ditinjau dari keaktifan dan kreativitas belajar mahasiswa di PGSD FKIP UNS Surakarta tahun 2009 Anggota 2009 Nasional
6 Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terpadu dan Konvensional terhadap prestasi belajar IPA ditinjau dari Minat Belajar Pada siswa kelas V SD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun 2008. Ketua 2008 DIKTI Nasional
7 3. Pengaruh penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan ditinjau dari minat berwirausaha pada mahasiswa PGSD FKIP UNS Surakarta tahun 2007 Ketua 2007 DIKTI Nasional
8 4. Keefektifan Penggunaan Model Konstruktivistik dalam Pembelajaran IPA ditinjau dari Motivasi Belajar Ssiswa SD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun 2007 Ketua 2007 Nasional
9 Penggunaan model Stimulasi Kecerdasan Majemuk untuk meningkatkan pencapaian standar kompetensi pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri di Kacamatan Laweyan Kota Surakarta Anggota 2007 Nasional
10 Pelaksanaan model-model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Kleco I, II Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun 2007 Ketua 2007 Nasional
11 1. Pengaruh kunjungan ke dunia usaha Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD FKIP UNS Surakarta tahun 2006 Anggota 2006 DIKTI Nasional
12 2. Keefektifan Penggunaan Model Stimulasi Kecerdasan Majemuk untuk meningkatkan perkembangan anak di TK Pembina Kota Surakarta tahun 2006 Ketua 2006 DIKTI Nasional
 

Pengabdian

No
Judul
Jabatan
Tahun
Sumber Dana
Kategori
1 Pembimbingan Penyusunan LaporanPenelitian Tindakan Kelas di SD Gumpang Kartasura Sukoharjo Anggota 2011 Dana Mandiri
2 Pelatian tentang Pendidikan Financial Literacy bagi Guru-guru SD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta i tahun 2009. 2009 Nasional
3 Pelatian tentang Financial Literacy bagi Guru-guru SD di Keamatan Laweyan Kota Surakarta tahun 2008. Ketua 2008 Nasional
4 Pelatian tentang Financial Literacy bagi Guru-guru SD di Kab Boyolali tahun 2007. Anggota 2007 Nasional
5 Penyuluhan tentang model-model pembelajaran ino.vatif pada guru-guru SD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Ketua 2006 Nasional
 

Penghargaan


Data Belum Ada

Karya Ilmiah

No
Judul
Tahun
Jenis
Kategori
1 Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Anak Melalui Metode Picture And Picture, 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
2 Pengaruh Metode Pembelajaran Reciprocal (Request) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
3 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Dengan Rootating Trio Axchange Terhadap hasil belajar IPA 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
4 Penggunaan Pendekatan Whole Language Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
5 1. Penerapan Model Kontekstual Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Bangsa Siswa 2014 Publikasi Ilmiah Nasional
6 Pengaruh Penggunaan Multi Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA SD 2014 Publikasi Ilmiah Nasional
7 Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar 2014 Publikasi Ilmiah Nasional
8 Penerapan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Pencapaian Nilai-nilai Karakter Pada Mata Pelajaran IPA, 2014 Publikasi Ilmiah Nasional
9 Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi BelajarEni 2014 Publikasi Ilmiah Nasional
10 Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning 2014 Publikasi Ilmiah Nasional
11 Penerapan Games Method of Environment (GMOE) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Sumber DayaAlam 2013 Publikasi Ilmiah Nasional
12 Pengaruh Penerapan Model Accelerated Learning Tipe MASTER Terhadap Pencapaian Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran IPA 2013 Publikasi Ilmiah Nasional
13 Pengmbangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran di SD 2013 Publikasi Ilmiah Nasional
14 Pengembangan Model Pendidikan Katakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di SD 2013 Publikasi Ilmiah Nasional
 

Kegiatan

No
Kegiatan
Tahun
Peranan
Kategori
1 Seminar Desiminasi Hasil Institusionalisasi MBS di PGSD FKIP UNS 2112 Peserta Lokal
2 Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNS Surakarta 2013 Pemakalah Nasional
3 Seminar Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Menyongsong Pemberlakuan Kurikulum 2013 2013 Peserta Nasional
4 Pelatihan Pakem SD/MI untuk Dosen LPTK 2013 Peserta Nasional
5 Seminar Internasional Membangun Semangat Kebangsaan Melalui Peningkatan Mutu Pendidikan dan Budaya Bangsa 2013 Peserta Nasional
6 Pembimbingan Kegiatan Simfoni Of Education 5 2012 Nara Sumber Lokal
7 Workshop Penjaminan Mutu, Sertifikasi dan Akreditas Prodi PGSD 2012 Peserta Lokal
8 Workshop Kegiatan Forum Fasilitator Manajemen Berbasis Sekolah 2012 Peserta Lokal
9 Workshop Rekonstruksi Kurikulum PGSD 2012 Peserta Lokal
10 Seminar Nasional Pendidikan "The New You, Sebuah Motivasi Peningkatan Profesionalitas Guru 2012 Peserta Nasional
11 Seminar Evaluasi Dampak Peningkatan Kesejahteraan Guru Terhadap Mutu Input LPTK dan Pemberian Dana Insentif Akreditasi Bermutu Kepada LPTK terhadap Kemampuan Lulusannya 2012 Peserta Nasional
12 Workshop Kegiatan Pengakual Diklat MBS SD 2012 Peserta Lokal
13 Workshop Program PPL Mahasiswa Pada Kegiatan MBS di Sekolah Dasar 2012 Peserta Lokal
14 Seminar Nasional Pendidikan "Paradigma Baru Pengembangan LPTK di Indonesia. 2012 Peserta Nasional
15 Pelatihan Penggunaan Program Pembelajaran Audio Interaktif 2011 Peserta Lokal
16 International Seminar On Special Education - Building Nation Character throught Inclusive Education in Global Perspective 2011 Peserta Internasional
17 Workshop Penyusunan Silabus dan RPP Prodi PGSD-PGPAUD Ilmu Pendidikan FKIP UNS 2010 Peserta Lokal
18 Lokakarya Penulisan dan Penerbitan Buku Teks Perguruan Tinggi 2010 Peserta Lokal
19 Semiloka Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk di SD Kelas Rendah 2010 Peserta Lokal
20 Pemanfaatan IPTEKS dalam rangka penguatan dan Pemberdayaan Masyarakat. 2007 Peserta Nasional
21 .Pengembangan Kurikulum S1 PGSD Guru Kelas 2007 Peserta Lokal
22 Lokakarya Penjaminan Mutu dan Penyusunan Model Evaluasi Kinerja Mengajar Dosen oleh Mahasiswa. 2007 Peserta Lokal
 

Jurnal

No
Judul
Dimuat Dalam Jurnal
Nama Jurnal
Tahun
Volume
No Registrasi
Kategori
1 Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Didaktika Dwija Indria 2013 3 Nomor 1 2088-3440 ISSN
2 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bilangan Bulat dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN III Jatiroto Wonogiri Tahun 2011 Widyasari 2012 14 No. 2 1412-8985 ISSN
3 Penerapan Model Pembelajaran Kontektual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gaya Pada Siswa Kelas IV SDN Tenggak 3 Sidoharjo Sragen Tahun 2010/2011 Didaktika Dwija Indria 2011 1 No. 2 2088-3440 ISSN
 

Buku


Data Belum Ada

Jabatan

No
Jabatan
Institusi
Tahun
1 Lektor Kepala FKIP UNS Surakarta 2006 - 01-12
2 Lektor Madya FKIP UNS Surakarta 2000 - 01-16
3 Lektor MUda FKIP UNS Surakarta 1995 - 01-11
4 Asisten Ahli FKIP UNS Surakarta 1993 - 01-07
5 Dosen PGSD FKIP UNS Surakarta 1991 - 01 - 07
6 Asisten Ahli Madya FKIP UNS Surakarta 1991 - 01-07
7 Guru SMTA SPG Negeri Surakarta 1981 - 01-11