Data Pribadi, Data Akademik, Mata Kuliah, EWMP, Karya Ilmiah, Penelitian , Pengabdian kepada Masyarakat, Publikasi Jurnal,Publikasi Oral / Poster, Paten dan Haki Bahan Ajar / Buku / Software, Pengalaman Jabatan, Pengalaman Kunjungan ke Luar negeri, Penghargaan 

Random Dosen


      

Data Dosen Prodi Fisika [Kembali]


PROFIL DOSEN
 Nama  Drs. Pujayanto, M.Si
 NIP  196506141992031003
 TTL  Karanganyar, 14 Juni 1965
 Jurusan / Prodi  Pend. MIPA / Fisika
 Email  pujapujayanto@ymail.com
 Website  http://pujayanto.staff.fkip.uns.ac.id/
 Riwayat Pendidikan  S1 :KIP UNS, 1989
 Bidang Ilmu : Pend. Fisika
 S2 :MIPA UGM, 1997
 Bidang Ilmu : Fisika
 Keahlian  Pendidikan Fisika
 

Penelitian

No
Judul
Jabatan
Tahun
Sumber Dana
Kategori
1 Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran IPA Terpadu Interaktif Berbasis SETS Dengan Program Moodle Di SMP Wilayah Eks Karesidenan Surakarta.(lanjutan) Anggota 2015 DIPA UNS unggulan
2 Pengambangan Bahan Ajar Problem Based Learning Untuk Fisika Matematik Serta Implementasinya Anggota 2014 DIPA UNS Nasional
3 Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran IPA Terpadu Interaktif Berbasis SETS Dengan Program Moodle Di SMP Wilayah Eks Karesidenan Surakarta Anggota 2014 DIPA UNS unggulan
4 Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis SETS dan Penerapannya pada Blended Learning (Lanjutan) Anggota 2013 DIPA BLU FKIP Nasional
5 Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis SETS dan Penerapannya pada Blended Learning Anggota 2012 DIPA BLU FKIP
6 Profil Miskonsepsi Konsep Mekanika (Fisika Dasar) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Ketua 2011
7 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK Dilengkapi Visualisasi dan Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis pada Mata Kuliah Fisika Dasar 3 Ketua 2010
8 Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar 3 Ketua 2009 Hibah
9 Barisan Fibonacci Pada Rangkaian Poligon Resistor dan Kapasitor Takhingga Ketua 2009 Dana Mandiri
10 Upaya Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Prodi Fisika FKIP UNS Anggota 2009 DIPA
11 Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Inquiry Pada Praktikum Konsep Getaran Terhadap Kemampuan Psikomotorik Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Mahasiswa Anggota 2008 DIPA
12 Identifikasi Miskonsepsi IPA (Fisika) Pada Siswa SD di Kecamatan Tasikmadu Ketua 2006 DIPA
13 Identifikasi Miskonsepsi IPA (Fisika) Pada Siswa SD di Kecamatan Tasikmadu Ketua 2006 DIPA
14 Identifikasi Miskonsepsi Konsep Listrik Pada Mahasiswa Program Fisika FKIP UNS. Anggota 2002 DIPA
15 Kondensasi Einstein Sistem N Partikel Boson Dalam Potensial Osilator Harmonik. Anggota 2001 DIKTI Nasional
16 Pengembangan Analisis Osilasi Harmonis Dengan Gaya Pemulih Kuadratik dan Kubik Berbasis Komputer . Ketua 2000 DIKTI Nasional
17 Metode Elemen Hingga untuk Menyelesaikan Persamaan Difusi Netron Dalam Reaktor. Anggota 2000 DIKTI Nasional
 

Pengabdian

No
Judul
Jabatan
Tahun
Sumber Dana
Kategori
1 Model Blended Learning Berbasis Saintifik Approach Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA DI SMP Anggota 2015
2 Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis SETS Melalui Blended Learning Berbasis Moodle di SMP Anggota 2014
3 Pelatihan Pembuatan Attractive Slide Bagi Guru-Guru Berprestasi Se-Kabupaten Karanganyar Anggota 2011 DIPA BLU FKIP
4 Pelatihan pemanfaatan komputer dalam pembelajaran Fisika di sekolah menengah MGMP Kabupaten Karanganyar Anggota 2009 DIPA
5 Penataran Media Pembelajaran Menggunakan Program Macromedia FlashMX Bagi Guru SMP 8 Surakarta Anggota 2006 DIPA
6 Pelatihan pembuatan alat peraga bagi guru-guru IPA SDN di kecamatan Mojolaban Anggota 2005 DIPA
7 Pelatihan Tentang Pengajaran Pokok Bahasan Listrik pada Guru SD dan MI se Kabupaten Sukoharjo Anggota 2004 DIPA
8 Pelatihan tentang listrik yang hemat dan aman Anggota 2000 DIPA
 

Penghargaan

No
Nama Penghargaan
Tahun
Institusi
Kategori
1 Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun 2005 Presiden RI Nasional
 

Karya Ilmiah

No
Judul
Tahun
Jenis
Kategori
1 Profil Miskonsepsi Konsep Mekanika (Fisika Dasar) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika 2011 Prosiding Nasional
2 Resistensi Efektif Pada Rangkaian Resistor Tak Hingga 2010 Prosiding Nasional
3 Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Optik Geometri 2010 Prosiding Nasional
4 Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT Ditinjau Dari Tingkat Keaktifan Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Fluida Statis 2010 Prosiding Nasional
5 Pembelajaran Listrik Dinamis Dengan Memanfaatkan Laboratorium Virtual 2010 Prosiding Nasional
6 Profil Miskonsepsi Konsep Gaya Dan Cahaya Pada Siswa SD 2009 Prosiding Nasional
7 Mekanika 2008 Modul Pembelajaran Lokal
 

Kegiatan

No
Kegiatan
Tahun
Peranan
Kategori
1 Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2015 Pemakalah Nasional
2 International Conference Teacher Training Education (ICTTE) FKIP UNS 2015 Pemakalah Internasional
3 Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2014 Pemakalah Nasional
4 Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2013 Pemakalah Nasional
5 Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2012 Pemakalah Nasional
6 Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2011 Pemakalah Nasional
7 Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2011 Moderator Nasional
8 Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Sains 2010 Pemakalah
9
 

Jurnal

No
Judul
Dimuat Dalam Jurnal
Nama Jurnal
Tahun
Volume
No Registrasi
Kategori
1 Penggunaan Blended Leraning dengan Media Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan (Jurnal Ilmiah Pendidikan) 2015 No.1 Tahun XXXIV, Pebruari 2015 ISSN : ISSN : 0216-1370 Nasional Terakreditasi
2 Pengembangan Sintaks Blended Learning IPA Terpadu Berbasis SETS Pada Tema Pelestarian Lingkungan di SMP (Penulis 2) Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JPMF) 2014 volume 4 No 2 ISSN : 2089-6158 Nasional Belum Terakreditasi
3 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK Dilengkapi Visualisasi dan Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis pada Mata Kuliah Fisika Dasar 3 Sainmat 2012 Nasional Belum Terakreditasi
4 MISKONSEPSI IPA (FISIKA) PADA GURU SD Jurnal Fisika dan Pembelajaran Fisika 2011 01 Nasional Belum Terakreditasi
5 Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Tik Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Dan Keaktifan Mahasiswa (Lesson Study) Jurnal Fisika dan Pembelajaran Fisika 2011 Nasional Belum Terakreditasi
6 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK Dilengkapi Visualisasi dan Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis pada Mata Kuliah Fisika Dasar PFisika 2011 Nasional Belum Terakreditasi
7 Identifikasi Miskonsepsi IPA (Fisika) Pada Siswa SD Paedagogia (UNS) 2007 Nasional Terakreditasi
8 Identifikasi Miskonsepsi Konsep Listrik Pada Mahasiswa Program Fisika FKIP UNS Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (UNLAM) 2007 Nasional Terakreditasi
9 Profil Miskonsepsi konsep Gelombang pada Siswa SMU Sainmat (UNS) 2003 Nasional Belum Terakreditasi
10 Pengembangan Analisis Osilasi Harmonis Dengan Gaya Pemulih Kuadratik dan Kubik Berbasis Komputer Paedagogia (UNS) 2003 Nasional Terakreditasi
 

Buku

No
Judul Buku
Tahun
ISBN
Penerbit
Kategori
1 Matematika untuk Fisika 1 2012 978-979-498-699-8 UNS Press Nasional
2 Pengantar Mekanika Analitik 2011 979-498-476-0 UNS Press Nasional
3 Dasar-Dasar Konsep Fisika Modern 2009 978-602-1365-21-5 Panitia Program Pendidikan profesi Guru FKIP UNS Surakarta Lokal
4 Pendahuluan Fisika Inti 1995 UNS Press Lokal
 

Jabatan

No
Jabatan
Institusi
Tahun
1 Kepala Laboratorium Prodi Pendidikan Fisika FKIP UNS 2015 - 2019