Data Pribadi, Data Akademik, Mata Kuliah, EWMP, Karya Ilmiah, Penelitian , Pengabdian kepada Masyarakat, Publikasi Jurnal,Publikasi Oral / Poster, Paten dan Haki Bahan Ajar / Buku / Software, Pengalaman Jabatan, Pengalaman Kunjungan ke Luar negeri, Penghargaan 

Random Dosen


      

Data Dosen Prodi Biologi [Kembali]


PROFIL DOSEN
 Nama  Dr. Sri Widoretno, M.Si
 NIP  195811141986012001
 TTL  Bojonegoro, 14 November 1958
 Jurusan / Prodi  Pend. MIPA / Biologi
 Email  widoretnosri@gmail.com /sriwodoretno@staff.uns.ac.
 Website  http://Sriwidoretno.staffs.fkip.uns.ac.id
 Riwayat Pendidikan  S1 :FKIE UNJ, 1981
 Bidang Ilmu : PEND. BIOLOGI
 S2 :BIOLOGI UGM, 1998
 Bidang Ilmu : FISIOLOGI TUMBUHAN
 S3 :MIPA UM Malang, 2013
 Bidang Ilmu : Pendidikan Biologi
 Keahlian  Pendidikan Biologi
 Judul Desertasi  PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP, HASIL BELAJAR DAN PARTISIPASI MELALUI PELAJARAN BIOLOGI DI SMP SURAKARTA
 

Penelitian

No
Judul
Jabatan
Tahun
Sumber Dana
Kategori
1 Modifikasi model pembelajaran berorientasi pada scientoficprocess disertai desain intruksional dan assesment concept map untuk meningkatkan thinking skills analysis Ketua 2019 DIKTI Nasional
2 Modifikasi model pembelajaran berorientasi pada scientoficprocess disertai desain intruksional dan assesment concept map untuk meningkatkan thinking skills analysis Ketua 2018 DIKTI Nasional
3 Modifikasi model pembelajaran berorientasi pada scientoficprocess disertai desain intruksional dan assesment concept map untuk meningkatkan thinking skills analysis Ketua 2017 DIKTI Nasional
4 KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN GURU DAN PESERTA DIDIK SEBAGAI INDIKATOR PROSES BERPIKIR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA SURAKARTA Anggota 2016 DIKTI Nasional
5 Ibm Usaha meningkatkan content contexs dan pedagogy melalui penguasan fase Problem Based Learning guru Biologi SMA untuk meningkatkan scientific reasoning peserta didik Ketua 2016 DIPA UNS Nasional
6 KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN GURU DAN PESERTA DIDIK SEBAGAI INDIKATOR PROSES BERPIKIR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA SURAKARTA Anggota 2015 DIKTI Nasional
7 EFEK PEMBELAJARAN INKUIRI pada PELAJARAN IPA–BIOLOGI terhadap THINKING SKILLS dan SOCIAL SKILLS PESERTA DIDIK SMP NEGERI SURAKARTA Ketua 2014 DIPA UNS Nasional
8 Diversiats makro Alga di pantai selatan Pulau Jawa Ketua 2013 DIKTI Nasional
9 Peningkatan Keterampilan Proses Ilmiah dan Berpikir Rasional Siswa melalui Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Biologi SMP Surakarta Tahun 2012 Ketua 2012 LPPM Nasional
10 Pembmbingan Lesson study untuk guru biologi SMP N 2, 5 dan 22 Ketua 2012 DIPA BLU FKIP unggulan
11 Peningkatan Sikap Positip Melalui Berbagai Strategi Active learning dan bahan Ajar modul Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 3 Surakarta. Ketua 2010
12 Upaya Pengurangan Miskonsepsi Siswa Melalui Penggunaan Field Laboratory dan Modul Praktikum Subagai Media pembelajaran di MK Ekologi Tumbuhan di Prodi P. Biologi tahun2009 Ketua 2009
13 Peningkatan Kualitas Proses Belajar Melalui Penggunaan Suplemen Hasil Hasil Penelitian Pada Topik Yang diajarkan di SMA tahun ajaran 2009 Ketua 2009
14 Peningkatan Diskusi Melalui Pembelajaran Guided Discovery mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan di Prodi P. Biologi –P.MIPA- FKIP Tahun 2009 Ketua 2009 DIPA
15 Upaya Pengurangan Miskonsepsi Siswa melalui penggunaan Media Pembelajaran di Klas XI IPA 3 SMA N 7 Surakarta No. Kontrak: 75/H.27.1.2/PL/2008 Ketua 2008 DIPA
16 Kadar Phospahat pada Limbah Padat Pembuatan Tepung Aren Sebelum dan Sesudah Terjadinya Dekomposisi Ketua 2007 DIPA
17 Pengembangan Model Pembelajaran Sebagai Implementasi perubahan kurikulum No. Kontrak: 006/SP2H/PP/DP2M/III/2007 Anggota 2007 DIKTI Nasional
18 Karakteristik Keragaman Fenotip Tanaman Stroberi di Tawangmangu sebagai sumber belajar morphologi Tumbuhan Anggota 2006 DIPA
 

Pengabdian

No
Judul
Jabatan
Tahun
Sumber Dana
Kategori
1 Membelajarakan materi IPA secara tematik di SMP Ketua 2019 Dana Mandiri
2 Mmberdayakan Kompetensi guru IPA di KotaSurakarta Ketua 2018 Dana Mandiri
3 Pembimbingan kuliah lapangan Ekologi tmbuhan Ketua 2017 Dana Mandiri
4 Ibm Usaha meningkatkan content, contexs dan pedagogy melalui penguasan fase Problem Based Learning guru Biologi SMA untuk meningkatkan scientific reasoning peserta didik Ketua 2016 DIPA BLU FKIP
5 Abon Lele sebagai Upaya Diversifikasi Produk Olahan Lele Anggota 2013 DIKTI Nasional
6 Pendampingan LS Ketua 2012 DIPA BLU FKIP
7 Cara memberikan Motivasi pada siswa pada MGMP Biologi Surakarta Anggota 2011
8 Stimuli tumbuhanya budi pekerti melalui pembelajaran IPA di sMP surakarsa Ketua 2010 DIPA
9 Peningkatan efekltifitas penggunaan media dalam proses pembelajaran se karesidenan Surkarta. Ketua 2010 DIPA BLU FKIP Nasional
10 Peningkatan efektivitas penggunaan media dalam proses pembelajaran se karisidenan Surakarta Ketua 2009 DIPA
11 Kegiatan pelatihan penyusunan rencamna pembelajaran berdasarkan kegiatan pralktikum yang dilakukan untuk guru SD se kab. Purworejo Ketua 2009
12 Pemanfaatan Media dalam pembelajaran penemuan pada Mata pelajaran IPA Di SMP Surakarta Tahun 2009 Ketua 2009 DIPA
13 Sosialisasi penelitian tindakan kelas untuk menigkatkan kompetensi guru Anggota 2008 DIPA
14 Yuri Pelatihan penelitian tindakan kelas dalam upaya meningkatkan budaya meneliti dan menulis di kalangan guru kab klaten Ketua 2007 Dana Mandiri
15 Menjadi Juri dalam Scien Expo III 2007 Ketua 2007
16 Penyuluhan tentang pembelajaran CTL pada guru IPA SD di Kec Tasik madu Ketua 2007
17 Pelatihan pembelajaran IPA SD dengan menggunakan pendekatan problem solving Ketua 2007
18 Memberi pelatihan pembelajaran tematik di kelas 1 SD suruh Ketua 2007
19 Instruktur pelatihan pengawas dan kepala sekjolah SD pada program Bintek di kab Magelang Ketua 2004 Nasional
20 Instruktur pelatihan Guru pemandu Bidang Studi Sains IPA tahap ! dan tahap 2 pada program Bintek di kab Magelang Ketua 2004 Nasional
21 Instruktur pelatihan Guru pemandu Bidang Studi Sains IPA tahap 3 dan tahap 4 pada program Bintek di kab Magelang Ketua 2004 Nasional
22 Instruktur pelatihan Guru pemandu Bidang Studi Sains IPA tahap 5pada program Bintek di kab Magelang Ketua 2004 Nasional
23 Konsuyltan pelatihan Guru Sains Sains oleh guru pemandu program Bintek di kab Magelang Ketua 2004 Nasional
 

Penghargaan

No
Nama Penghargaan
Tahun
Institusi
Kategori
1 Apresiasi program Doktor 2013 UNS Nasional
2 Juara harapan Pemilihan Ketua program Studi Berprestasi 2010 UNS
 

Karya Ilmiah

No
Judul
Tahun
Jenis
Kategori
1 Relevance between content and context of biology module based on integration of problem solving and decision making aspects in the respiratory system material 2019 Prosiding Internasional
2 The profile of interaction of creative thinking aspect through concept map based on content and context in the material of coordination system in human body 2019 Prosiding Internasional
3 Profile of integration evaluation thinking skills with concept map on body immune system material in senior high school module 2019 Prosiding Internasional
4 Instructional techniques’ teacher’s questions in the presenting stage of project-based learning to improve students’ concept map scores 2019 Publikasi Ilmiah Internasional
5 Instructional Technique Question Application inStage of Deciding in Project Based Learning to Increase Score Concept Map 2019 Prosiding Internasional
6 Instructional techniquequestions in the evaluating stage of project based learning to improve concept mapscore 2019 Prosiding Internasional
7 Instructional technique questions in the planning phase of project based learning to increase the score of concept map 2019 Prosiding Internasional
8 Instructional technique questions in the searching phase of projectbased learning to increase concept map scores 2019 Prosiding Internasional
9 Profile content and context of biology modules based analytical thinkingskill on the material of the human reproductive system 2019 Prosiding Internasional
10 An analysis of logical thinking using mind mapping 2018 Prosiding Internasional
11 Penerapan Instruksi pada Tahap Discussion Model Pembelajaran Guided inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep 2018 Publikasi Ilmiah Nasional
12 The Proportion of Problem Solving and Scientific Reasoning Skills in Biology References 2018 Publikasi Ilmiah Nasional
13 Instructional Techniques Teacher’s Question on Evaluating Data, Driving a Conclusion, Presenting the Project in Class as Preffered and Discussion Stage of Project Based Learning to Increase Valid Relationship Concept Map Score 2018 Publikasi Ilmiah Nasional
14 Instructional Techniques Teacher’s Question on Searching for the Theoritical Background of the Driving Question of Project Based Learning to Increase Pattern Concept Map Score 2018 Publikasi Ilmiah Nasional
15 Instructional Technique Questions in Stage Planning an Investigation According to Driving Question Project Based Learning to Improve Score Example Concept Map 2018 Prosiding Nasional
16 Instructional Technique Questions in Phase Deciding the Study Group the Way of Collecting Data and Data Analysis Based Project Learning to Increase Crosslink Score on Student’s Concept Map 2018 Prosiding Nasional
17 Penerapan Instruksi pada Tahap Hypothesis Generation dalam Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep 2017 Prosiding Nasional
18 Addition Instruction in the Regulation Stage Discovery Learning to Increase Ability for Finding and Connecting Concept 2017 Prosiding Nasional
19 The Implementation of Guided Inquiry Learning to Improve Students’Interpretation Data Skill in Class XI IPA 4 Academic Year 2016/2017 with materials of human excretory system 2017 Prosiding Nasional
20 Implementation of Instruction in Hypothesis Testing-Discovery Learning to Improve the Ability of Discovering and Relating Concept 2017 Prosiding Nasional
21 Implementation of Instruction in Conclusion Guided Inquiry Learning to Increase the Ability of Find and Connect Concept 2017 Prosiding Nasional
22 Implementation of Instruction in Hypothesis Generation Stage of Discovery Learning to Increase the Ability to Find and Connect Concept 2017 Prosiding Nasional
23 Implementation Instruction of Orientation Stage in Guided Inquiry Learning to Improve Ability for Discovering and Relating Concept 2017 Prosiding Nasional
24 The Implementation of Orientation Stage of Discovery Learning to Improve The Abilities of Finding and Correlating Concept 2017 Prosiding Nasional
25 Implementation of Instruction on the Conclusion Stage in Discovery Learning Model to Improve the abilities to Find and Connect the Concepts 2017 Prosiding Nasional
26 The Implementation of Orientation Stage of Discovery Learning to Improve The Abilities of Finding and Correlating Concept 2017 Prosiding Nasional
27 Implementation Instruction of Orientation Stage in Guided Inquiry Learning to Improve Ability for Discovering and Relating Concept 2017 Prosiding Nasional
28 Implementation of Instruction in Hypothesis Generation Stage of Discovery Learning to Increase the Ability to Find and Connect Concept 2017 Prosiding Nasional
29 Implementation of Instruction in Conclusion Guided Inquiry Learning t Increase the Ability of Find and Connect Concept 2017 Prosiding Nasional
30 Implementation of Instructions in Conceptualization Stage Guided Inquiry Learning to Improve the Ability of Finding and Connecting Concepts 2017 Prosiding Nasional
31 Discovery Learning untuk Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Pertanyaan dan Pernyataan Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi 2017 Publikasi Ilmiah Nasional
32 Case: Quality of Student’s Content Writing Through Implementation of Project Based Learning Model in Biology 2017 Publikasi Ilmiah Nasional
33 EFFECTIVENESS OF CRITICAL THINKING INDICATOR-BASED MODULE IN EMPOWERING STUDENT’S LEARNING OUTCOME IN RESPIRATORY SYSTEM STUDY MATERIAL 2017 Publikasi Ilmiah Internasional
34 Development of the Science Skills of Lower Secondary Students in a Chemistry Laboratory Experiment 2017 Publikasi Ilmiah Internasional
35 Cases of Thinking: Communication between Teacher and Students through Discovery Learning in Biology 2017 Publikasi Ilmiah Internasional
36 KeterampilanMetakognisi melalui Project Based Learning pada materi reproduksi SMA 2016 Publikasi Ilmiah Nasional
37 USING LESSON - STUDY - BASED GUIDANCE TO ACCELERATE STUDENTS’DEGREES’ COMPLETION i 2016 Publikasi Ilmiah Internasional
38 Professional Development and Conception of the Lesson Study Learning Community in Junior High School Science Teacher in Surakarta 2016 Prosiding Nasional
39 Performance Assessment of Arguing in the Guided Inquiry Learning 2016 Prosiding Internasional
40 Keterampilan Metakognisi melalui Project Based Learning pada materi reproduksi SMA 2016 Prosiding Nasional
41 Jenis Pengembangan Keprofesian dan Konsepsi terhadap Lesson Study Learning Community pada Guru IPA SMP Kota Surakarta 2016 Prosiding Nasional
42 Enhancing Higher Order Question of Student Through Problem Based Learning at Grade X MIA 6 of SMA N 4 Surakarta 2016 Prosiding Nasional
43 Increasing Student’s Question as Indicator Higher Order Thinking Through Problem Based Learning at Conceptual Dimension in Biology Learning at SMAN 5 Surakarta 2016 Prosiding Nasional
44 KONTEN TULISAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH 2016 Publikasi Ilmiah Nasional
45 Project Based Learning to Improve Written Argumentation Skill of Tenth Graders 2016 Publikasi Ilmiah Nasional
46 PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSIDI KELAS XI MIA 1 SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 2016 Publikasi Ilmiah Nasional
47 Penguasaan Fakta, konsep, Prosedur dan Metakognisi melalui Pertanyaan di Pembelajaran Problem Based Learning Biologi 2016 Publikasi Ilmiah Nasional
48 Increasing Quantity and Quality of Student’s Question through Problem Based Learning in Biology at Grade X IIS 4 of SMA Negeri 5 Surakarta 2016 Publikasi Ilmiah Nasional
49 The Role of Lesson Study to Improve Posing Question Skills of Teacher and Students in Problem Based Learning 2016 Publikasi Ilmiah Nasional
50 Professional Development and Conception of the Lesson Study Learning Community in Junior High School Science Teacher in Surakarta 2016 Prosiding Nasional
51 KeterampilanMetakognisi melalui Project Based Learning pada materi reproduksi SMA 2016 Prosiding Nasional
52 Enhancing The Quantity And Quality Of Students’ Question through Discovery Learning in Biology at Grade XI MIPA 4 of SMA N 7 Surakarta 2016 Prosiding Nasional
53 Diversitas Tumbuhan Penutup Tanah di Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Telawa, Jawa Tengah 2016 Prosiding Nasional
54 Learning Environment of Science in Junior High School Which Use Curriculum 2013 in Baturetno Wonogiri 2016 Prosiding Nasional
55 Improvement Student’s Posing Question Skills in Biology Using Guided Inquiry Learning at Class XI MIA 3 of SMA Negeri 2 Surakarta 2016 Prosiding Nasional
56 Enhancing Higher Order Question of Student Through Problem Based Learning at Grade X MIA 6 of SMA N 4 Surakarta 2016 Prosiding Nasional
57 Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry 2016 Publikasi Ilmiah Internasional
58 Proportion: Claim, Rebuttal and Backing Data Based on Teacher Questions as Reasoning Indicator of Problem Based Learning in Highschool System Reproductions 2016 Publikasi Ilmiah Internasional
59 PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS RESEARCI/ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA KELAS X PADA TOPIK EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
60 Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS “Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi” Magister Pendidikan Sains dan Doktor Pendidikan IPA 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
61 Pengu a saan Fakta, konsep, Prosedur dan Metakognisi melalui Pertanyaan di Pembelajaran Problem Based Learning Biolog 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
62 Peningkatan Kualitas Pertanyaan Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas X Mia 6 Sma Negeri 4 Surakarta 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
63 Diversitas Tumbuhan Penutup Tanah di Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Telawa, Jawa Tengah 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
64 The Role of Lesson Study to Improve Posing Q uestion Skills of Teacher and Students in P roblem Based Learning 2015 Prosiding Internasional
65 Improvement Student’s Posing Question Skills in Biology Using Guided Inquiry Learning at Class XI MIA 3 of SMA Negeri 2 Surakarta 2015 Prosiding Nasional
66 Increasing Quantity and Quality of Student’s Question through Problem Based Learning in Biology at Grade X IIS 4 of SMA Negeri 5 Surakarta 2015 Prosiding Nasional
67 Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Pertanyaan Peserta Didik melalui Penerapan Discovery Learning pada Pembelajaran Biologi di Kelas XI MIPA 4 SMA N 7 Surakarta 2015 Prosiding Nasional
68 Increasing Student’s Question as Indicator Higher Order Thinking Through Problem Based Learning at Conceptual Dimension in Biology Learning at SMAN 5 Surakarta 2015 Prosiding Nasional
69 Increasing Student’s Question as Indicator Higher Order Thinking Through Problem Based Learning at Conceptual Dimension in Biology Learning at SMAN 5 Surakarta 2015 Prosiding Nasional
70 Peningkatan Higher Order Question Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi di Kelas X MIA 6 SMA Negeri 4 Surakarta 2015 Prosiding Nasional
71 Learning Environment of Science in Junior High School Which Use Curriculum 2013 in Baturetno Wonogiri 2015 Prosiding Nasional
72 Diversitas Tumbuhan Penutup Tanah di Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Telawa, Jawa Tengah 2015 Publikasi Ilmiah Nasional
73 KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PELAJARAN IPA DI SMP 2015 Prosiding Nasional
74 Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Pertanyaan Peserta Didik melalui Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi di Kelas X IIS 4 SMA Negeri 5 Surakarta 2015 Prosiding Nasional
75 PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK FASE ORIENTASI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SISWA SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG 2015 Prosiding Nasional
76 Efek penggunaan pembelajaran inkuiri yang berulang pada proses berpikir 2014 Prosiding Nasional
77 Pemakalah Workshop dengan Prof. Wening" 2014 Publikasi Ilmiah Nasional
78 Presentasi di malang 2014 Prosiding Nasional
79 Peningkatan Keterampilan Proses Ilmiah Peserta didik melalui Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Pembelajaran Inkuiri pada Pelajaran Biologi SMP Surakarta Tahun 2012 2013 Prosiding Nasional
80 Measuring Thinking Skills Using Performance Assessment in Guided Inquiry Learning at Surakarta Junior High Schools 2013 Makalah Internasional
81 Rekonstruksi Strattegi pembelajaran Biologi pada kurikulum 2013 2013 Makalah Nasional
82 Measuring Thinking Skills Using Performance Assessment in Guided Inquiry Learning at Surakarta Junior High Schools 2013 Publikasi Ilmiah Internasional
83 Perbedaan Keterampilan Mengobservasi Dan Menyusun Hipotesis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 26 Surakarta Sebagai Efek Penggunaan Strategi Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Fotosintesis 2012 Prosiding Nasional
84 Pengembangan dan Implementasi Rencana Program Pembelajaran Guided Inquiry melalui Lesson study pada Guru SMP Surakarta Tahun 2011 2012 Publikasi Ilmiah Nasional
85 PENINGKATAN KETERAMPILAN MERANCANG EKSPERIMEN SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI GUIDED INQUIRY DI SMP NEGERI 5 SURAKARTA KELAS VIII F TAHUN PELAJARAN 2011/2012 2012 Prosiding Nasional
86 STUDI BIODIVERSITAS TANAMAN POHON DI 3 RESORT POLISI HUTAN (RPH) DI BAWAH KESATUAN PEMANGKU HUTAN (KPH) TELAWA MENGGUNAKAN METODE POINT CENTER QUARTER (PCQ) 2012 Prosiding Nasional
87 Peningkatan kualitas kemandiran dan kerjasama mahasiswa melalui lesson study peserta kuliah ekologi tumbuhan di program studi pendidikan biologi fkip uns 2011 Prosiding Nasional
88 Workshop Nasional Authentic Assesment 2011 Teknologi Tepat Guna Nasional
89 PENINGKATAN KUALITAS KEMANDIRIAN DAN KERJASAMA MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY PESERTA PERKULIAHAN EKOLOGI TUMBUHAN DI PROGRAM STUDI P. BIOLOGI-P.MIPA–FKIP-UNS 2011 Prosiding Nasional
90 Peningkatan Kualitas Proses Belajar Melalui Penggunaan Suplmen Hasil Penelitian pada Topik yang Diajarkan pada SMA tahun Ajaran 2009 2010 Prosiding Nasional
91 Peningkatan Diskusi Melalui pembeljaran melalui guided discovery mata kuliah fisiologi tumbuhan di prodi P. Biologi 2010 Prosiding Nasional
92 PENINGKATAN KUALITAS PROSES BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN SUPLEMEN HASIL PENELITIAN PADA TOPIK YANG DIAJARKAN PADA SMA TAHUN AJARAN 2009 2010 Prosiding Nasional
93 PENINGKATAN KUALITAS PROSES BELAJAR MELALUI GGUNAAN SUPLEMEN HASIL PENELITIAN PADA TOPIK YANG DIAJARKAN PADA SMA TAHUN AJARAN 2009 2010 Prosiding Nasional
94 Peningkatan Kualitas Proses Belajar melalui Penggunaan Suplemen Hasil Penelitian pada Topik yang Diajarkan pada SMA Tahun Ajaran 2009 2010 Prosiding Nasional
95 Penggunaan masalah dalam modul praktikum sebagai penuntun kegiatan lapangan pada mata kuliah ekologi tumbuhan di prodi p. biologi tahun ajaran 2009 2009 Prosiding Nasional
96 Implementasi hasil penelitian Biologi pada siklus Pertumbuhan Jamur sebagai sumber belajar materi fungi SMA kelas X 2009 Prosiding Nasional
97 'PENGGUNAAN MASALAII DALAM MODUL PRAKTIKUM SEBAGAI PENUNTUN KEGIATAN LAPANGAN PADA MATAKULIAH EKOLOGI TUMBUHAN DI PRODI P. BIOLOGI TAHUN 20091) 2009 Prosiding Nasional
98 0
 

Kegiatan

No
Kegiatan
Tahun
Peranan
Kategori
1 Reviewer Journal Scopus Q3 2019 Evaluator Internasional
2 Pelatihan Taplai Kbs Lemhanas 2018 Peserta Nasional
3 Seminar Hasil Lesson Study 2012 Peserta Lokal
4 Workshop Nasional 2011 Pemakalah Nasional
5 Workhop Nasional Authentic Assesment 2011 Peserta Nasional
6 Seminar nasional Biologi, Sains, Lingkungan dan PembelajaranNya menuju Pembanguinan karakter 2011 Pemakalah Nasional
7 microteaching invitation 2011 2011 Evaluator Lokal
8 Peringkat harapan Ketua Program Berprestasi 2010 Peserta Lokal
9 Seninar Nasional Fisika dan Pendidikan Sains 2010 Pemakalah Nasional
10 Penugasan lapangan pada Kegiatan Praktikum Point center pada mata kuliah ekologi Tumbuhan di Tlogo Dlingo, Tawangmangu 2010 Lokal
11 An International Seminar on Graduate Program 2010 Peserta Internasional
12 Peningkatan Kualitras Pembelajaran Melalui Active Learning Menuju Profesionalisme Guru 2009 Pemakalah Nasional
13 Aplikasi bahasa Inggris dalam pembelajaran Biologi di Perguruan Tinggi 2009 Peserta Lokal
14 Revitalisasi Kurikulum berbasis Kompetensi Universitas 2009 Peserta Lokal
15 Training of Trainer PTK 2009 Peserta Lokal
16 Profesionalisme guru Pasca Sertifikasi 2009 Peserta Nasional
17 Peningkatan kualitas penelitian menuju profesionalisme Guru melalui PTK 2008 Peserta Nasional
18 Pengelolaan dan Penulisan artikel ilmiah di jurnal terakreditasi 2008 Peserta Nasional
19 Solid Phase Spectrophotometry, Geochemistry and chemical education 2008 Peserta Internasional
20 Peningkatan kualitas penelitian melalui PTK dan penyusunan karya ilmiah 2008 Peserta Nasional
21 Membentuk Tenaga kependikan yang berkarakter Kuat dan Cerdas 2008 Peserta Lokal
22 Peningkatan kemampuan mengajar Bilingual 2008 Peserta Lokal
23 Pengawasan energy nuklir yang ramah lingkungan dan kesiapan sumber daya manusia 2007 Peserta Nasional
24 Penelitian pendidikan dan peluang kerjasama P. MIPA 2007 Peserta Lokal
25 Pengembangan kurikulum inti pendidikan biologi dalam menghadapi dinamika pendidikan global 2007 Peserta Nasional
26 Pelatihan konservasi Brahmahardika Mapala FKIP UNS 2007 Pemakalah Lokal
27 Management Spiritual Empowering membangaun insane berkarakter kuat dan cerdas 2007 Peserta Nasional
28 Pengembangan kurikulum Konsentrasi melalui kemitraan dalam rangka peningkatan Lulusan calon guru Imersi 2006 Peserta Lokal
29 Evaluasi Diri untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran 2006 Peserta Lokal
30 Evaluasi pembelajaran dan pembimbingan skripsi 2006 Peserta Lokal
31 Hasil kegiatan kemitraan tahun1 Dan 2 2006 Peserta Lokal
32 Pembicara Peningkatan Pengajaran Mikro di FKIP sebagai usaha peningkatan kualitas calon guru. 2006 Pemakalah Lokal
33 Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Pembelajaran Biologi. Disampaikan di depan gutu Biologi SMP dan sMA 2006 Pemakalah Nasional
34 Deseminasi hasil SemiQue V Tahun II P. Biologi dan Hibah Kompetisi A1 Tahun I Jurusan P. MIPA 2005 Peserta Lokal
35 Nara Sumber pembelajaran IPA SD untuk Dosen FKIP – UNS 2005 Pemakalah Lokal
36 Penggunaan media ajar dengan aplikasi multimedia 2005 Peserta Lokal
37 Prospek herbal dan makanan fungsional untuk kesehatan 2005 Peserta Lokal
38 Sem Lok Nas. Pelatihan Pengelolaan dan penulisan artikel Ilmiah di Jurnal Nasional 2005 Peserta Nasional
39 Pengelolalan jurnal ilmiah 2004 Peserta Nasional
40 Implementasi kurikulum KTSP Pemakalah Lokal
 

Jurnal

No
Judul
Dimuat Dalam Jurnal
Nama Jurnal
Tahun
Volume
No Registrasi
Kategori
1 Instructional technique questions in the evaluating stage of project based learning to improve concept map score Journal of Physics: Conference Series 2019 J. Phys.: Conf. Ser. 1241 012044 Q3 Internasional
2 Instructional technique questions in the evaluating stage of project based learning to improve concept map score IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 2019 Conf. Series 1241 (2019) 012044 doi:10.1088/1742-6596/1241/1/012044 Internasional
3 Instructional technique questions in the planning phase of project based learning to increase the score of concept map Journal of Physics: Conference Series 2019 J. Phys.: Conf. Ser. 1241 012047 doi:10.1088/1742-6596/1241/1/012047 Internasional
4 Instructional technique questions in the searching phase of project based learning to increase concept map scores Journal of Physics: Conference Series 2019 J. Phys.: Conf. Ser. 1241 012051 doi:10.1088/1742-6596/1241/1/012051 Internasional
5 Instructional Technique Question Application in Stage of Deciding in Project Based Learning to Increase Score Concept Map Journal of Physics: Conference Series 2019 J. Phys.: Conf. Ser. 1241 012030 doi:10.1088/1742-6596/1241/1/012030 Internasional
6 Profile content and context of biology modules based analytical thinking skill on the material of the human reproductive system Journal of Physics: Conference Series 2019 Conf. Series 1241 (2019) 012036 doi:10.1088/1742-6596/1241/1/012036 Internasional
7 Instructional techniques’ teacher’s questions in the presenting stage of project-based learning to improve students’ concept map scores Journal of Physics: Conference Series 2019 J. Phys.: Conf. Ser. 1241 012016 doi:10.1088/1742-6596/1241/1/012016 Internasional
8 PENERAPAN INSTRUKSI PADA TAHAP DISCUSSION MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP BIOGENESIS 2018 14 (2): 37 – 44, 2018 ISSN : 1829-5460 Nasional Belum Terakreditasi
9 The Proportion of Problem Solving and Scientific Reasoning Skills in Biology References EDULEARN 2018 Vol.12, No.4, November 2018, ISSN: 2089-9823 DOI: 10.11591/edulearn.v12i4.10224 Nasional Terakreditasi
10 Instructional Techniques Teacher’s Question on Searching for the Theoritical Background of the Driving Question of Project Based Learning to Increase Pattern Concept Map Score BIO-PEDAGOGI: 2018 Volume 7, Nomor 2 p-ISSN:2528-5742 Nasional Belum Terakreditasi
11 An analysis of logical thinking using mind mapping Journal of Physics: Conf 2018 567890 ‘’ 4567890 ‘’“” Internasional
12 IDENTIFIKASI CACING TANAH DAN INTERAKSINYA DENGAN LINGKUNGAN LAHAN BERKAPUR BIOGENESIS 2018 Vol. 14 (2): 23 – 28, 2018 ISSN : 1829-5460 Nasional Belum Terakreditasi
13 Instructional Techniques Teacher’s Question on Evaluating Data, Driving a Conclusion, Presenting the Project in Class as Preffered and Discussion Stage of Project Based Learning to Increase Valid Relationship Concept Map Score BIO-PEDAGOGI: 2018 Instructional Techniques Teacher’s Question on Evaluating Data, Driving a Conclusion, Presenting th p-ISSN:2528-5742 Nasional Belum Terakreditasi
14 EFFECTIVENESS OF CRITICAL THINKING INDICATOR-BASED MODULE IN EMPOWERING STUDENT’S LEARNING OUTCOME IN RESPIRATORY SYSTEM STUDY MATERIAL JPII UNNES 2017 Vol 1 (2017) DOI: 10.15294/jpii.v6i1.8490 Internasional
15 Case: Quality of Student’s Content Writing Through Implementation of Project Based Learning Model in Biology BIOEDUKAIKA 2017 5(1) 0000 Nasional Terakreditasi
16 Discovery Learning untuk Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Pertanyaan dan Pernyataan Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi BIOEDUKATIKA 2017 5(1) 0000 Nasional Terakreditasi
17 Cases of Thinking: Communication between Teacher and Students through Discovery Learning in Biology Pertanika J. Soc. Sci. & Hum. 2017 25 (S): 281 - 292 (2017 Q3 Internasional
18 Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry International Journal of Science and Applied Science: Conference Series 2017 Vol. 1 No. 2 (2017) P-ISSN: 2549-4635 E-ISSN: 2549-4627 Internasional
19 Development of the Science Skills of Lower Secondary Students in a Chemistry Laboratory Experiment SOCIAL SCIENCES & HUMANITIES 2017 25 (S): 41 - 50 (2017) Q3 Internasional
20 IDENTIFIKASI CACING TANAH DAN INTERAKSINYA DENGAN LINGKUNGAN LAHAN BERKAPUR BIOGENESIS 2017 Vol. 14 (2): 23 – 28, 2018 ISSN : 1829-5460 Nasional Belum Terakreditasi
21 IDENTIFIKASI CACING TANAH DAN INTERAKSINYA DENGAN LINGKUNGAN LAHAN BERKAPUR BIOGENESIS 2017 Vol. 14 (2): 23 – 28, 2018 ISSN : 1829-5460 Nasional Belum Terakreditasi
22 Instructional Techniques Teacher’s Question on Evaluating Data, Driving a Conclusion, Presenting the Project in Class as Preffered and Discussion Stage of Project Based Learning to Increase Valid Relationship Concept Map Score BIO-PEDAGOGI: 2017 Volume 7, Nomor 2 p-ISSN:2528-5742 Nasional Belum Terakreditasi
23 Pengu a saan Fakta, konsep, Prosedur dan Metakognisi melalui Pertanyaan di Pembelajaran Problem Based Learning Biolog Bioedukas 2016 BIOEDUKASI Vol ume 9 , No mor 1 ISSN : 1693 - 265 4 ISSN
24 PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS Journal Inkuiri 2016 Vol 5 No.1 2252-7893 ISSN
25 PROPORTION: CLAIM, REBUTTAL AND BACKING DATA BASED ON TEACHER QUESTIONS AS REASONING INDICATOR OF PROBLEM BASED LEARNING IN HIGHSCHOOL SYSTEM REPRODUCTIONS Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2016 JPII 5 (2) (2016) 304-309 p-ISSN 2339-1286 e-ISSN 2089-4392 Internasional
26 STUDENT’S CONTENT WRITING IN BIOLOGY PROBLEM BASED LEARNING BIO-PEDAGOGI 2016 Vol 5.No.2 ISSN: 2252-6897 ISSN
27 IMPROVE THE STUDENTS’ LOGICAL THINKING THROUGH DISCOVERY LEARNING APLICATION ABOUT REPRODUCTION SYSTEM MATERIAL IN XI MIA 1 OF SMA BATIK 2 SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2014/2015 BIO-PEDAGOGI 2016 Volume 5, Nomor 1 ISSN: 2252-6897 ISSN
28 Penguasaan Fakta, konsep, Prosedur dan Metakognisi melalui Pertanyaan di Pembelajaran Problem Based Learning Biologi Bioedukasi 2016 Vol 9. No. 1 ISSN: 1693-265X Nasional Belum Terakreditasi
29 Project Based Learning to Improve Written Argumentation Skill of Tenth Graders Bioedukasi 2016 Vol.9 No.2 ISSN: 1693-265X Nasional Belum Terakreditasi
30 Project Based Learning to Improve Written Argumentation Skill of Tenth Graders BIOEDUKASI 2016 Volume 9, Nomor 2 ISSN: 1693-265X Nasional Belum Terakreditasi
31 Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry J. Sci. Appl. Sci.: Conf. Ser 2016 Vol. 1 No. 2 (2017) 124-130 P-ISSN: 2549-4635 E-ISSN: 2549-4627 Internasional
32 IMPROVE THE STUDENTS’ LOGICAL THINKING THROUGH DISCOVERY LEARNING APLICATION ABOUT REPRODUCTION SYSTEM MATERIAL IN XI MIA 1 OF SMA BATIK 2 SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2014/2015 BIO-PEDAGOGI 2016 Volume 5, Nomor 1 ISSN: 2252-6897 Nasional Belum Terakreditasi
33 PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS INKUIRI 2016 Vol 5, No. 1, 2016 2252-7893 Nasional Belum Terakreditasi
34 Proportion: Claim, Rebuttal and Backing Data Based on Teacher Questions as Reasoning Indicator of Problem Based Learning in Highschool System Reproductions JPII 2016 !/2 -- Internasional
35 IMPROVING THE QUESTION’S QUANTITY AND QUALITY AS INDICATOR OF STUDENT’S THINKING PROCESS THROUGH THE APPLICATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL AT GRADE XI MIA 7 STATE SENIOR HIGH SCHOOL 3 SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2014/2015 BIO-PEDAGOGI 2015 Volume 4,Nomor 2 ISSN: 2252-6897 ISSN
36 EFFORT FOR INCREASING STUDENTS ORAL COMMUNICATION SKILLS THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED INSTRUCTION LEARNING MODELS ON VII-A CLASS OF SMP NEGERI 22 SURAKARTA CLASS YEAR 2012/2013 BIO-PEDAGOGI 2015 Volume 4,Nomor 1 ISSN: 2252-6897 ISSN
37 INCREASING STUDENTS BASIC SCIENCE PROCESS SKILLS THROUGH THE IMPLEMENTATION OF LEARNING CYCLE 5E MODELS OF CLASS VIII G SMP NEGERI 22 SURAKARTA CLASS YEAR 2012/2013 Penddikan Biologi 2015 Vol 7 N0 1 0000000 ISSN
38 Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Research pada Pembelajaran Think Pair Share dan Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Metakognisi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 Bioedukasi 2015 Volume 8, Nomor 1 ISSN: 1693-2654 Nasional Belum Terakreditasi
39 IMPROVE THE STUDENTS’ LOGICAL THINKING THROUGH DISCOVERY LEARNING APLICATION ABOUT REPRODUCTION SYSTEM MATERIAL IN X MIA 1 OF SMA BATIK 2 SURAKARTA ACADEMIC YEAR 2014/2015 JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI 2015 Volume 7,Nomor 3 0000 Nasional Belum Terakreditasi
40 PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DASAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DI KELAS VIII G SMP NEGERI 22 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI 2015 Volume 7 Nomor 1 000 Nasional Belum Terakreditasi
41 EFFORT FOR INCREASING STUDENTS ORAL COMMUNICATION SKILLS THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED INSTRUCTION LEARNING MODELS ON VII-A CLASS OF SMP NEGERI 22 SURAKARTA CLASS YEAR 2012/2013 BIO-PEDAGOGI 2015 Volume 4,Nomor 1 ISSN: 2252-6897 Nasional Belum Terakreditasi
42 Improve the Posing Question Skill Through Discovery Learning Application about Ecosystem Material of the Students in X Imersi 1 of SMA Negeri 2 Karanganyar Academic Year 2013/2014 BIO-Pedagogy 2014 Vol3.No2. ISSN: 2252-6897 ISSN
43 Improve the Posing Question Skill Through Discovery Learning Application about Ecosystem Material of the Students in X Imersi 1 of SMA Negeri 2 Karanganyar Academic Year 2013/2014 BIO-PEDAGOGI 2014 Volume 3, Nomor 2 ISSN: 2252-6897 ISSN
44 Development the Module Based on Research to Improve the Concept Understanding and Metacognitive Ability of X Student’s Grade on Topic of Ecosystem in SMA Negeri 1 Karanganyar in Academic Years of 2013/2014 BIO-PEDAGOGI 2014 Volume 3, Nomor 2 ISSN: 2252-6897 ISSN
45 Implementing Problem Based Learning to Improve Analytical Thinking Students in X MIA 6 Class of SMA MTA Surakarta Academic Year 2013/2014 about Environmental Pollution Material BIO-PEDAGOGI 2014 Volume 3, Nomor 2 ISSN: 2252-6897 ISSN
46 Bentuk Kehidupan (Life Form) Tumbuhan Penyusun Vegetasi Di Kotamadya Surakarta BIOEDUKASI 2014 Volume 7, Nomor 2 ISSN: 1693-2654 Nasional Belum Terakreditasi
47 Bentuk Kehidupan (Life Form) Tumbuhan Penyusun Vegetasi Di Kotamadya Surakarta Bioedukasi 2014 Volume 7, Nomor 2 ISSN: 1693-2654 Nasional Belum Terakreditasi
48 The Efforts to Improve Students Affective Ability of X-9 Class SMA Negeri 3 Surakarta through Learning Start with a Questions Strategy with Zygomycotyna Experiment Result Module BIO-PEDAGOGI 2013 Volume 2, Nomor 1 ISSN: 2252-6897 ISSN
49 Upaya Meningkatkan Kemampuan Afektif Siswa Kelas X-9 SMA Negeri 3 Surakarta Melalui Strategi Pembelajaran Learning Start with a Questions Disertai Modul Hasil Penelitian Zygomycotina BIO-PEDAGOGI 2013 Firmansyah et al. – Volume 2, Nomor 1 2252-6897 Nasional Belum Terakreditasi
50 The Improvement of Science Process Skill and Learning Achievement Through the Application of Guided Inquiry Strategy of Student in SMP Negeri 26 Surakarta Class VIII-B Class Year 2011/2012 BIO-PEDAGOGI 2012 Volume 1, Nomor 1 ISSN: 2252-6897 ISSN
51 Increasing Students Science Process Skills and Achievement Through the Implementation of Guided Inquiry Learning Strategy of Class VIII-F SMP Negeri 5 Surakarta Class Year 2011/2012 BIO-PEDAGOGI 2012 1 Alanindra – Volume 1, Nomor 1 ed Inquiry Science ISSN: 2252-6897 Nasional Belum Terakreditasi
52 Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Inquiry di SMP Negeri 26 Surakarta Kelas VIII-B Tahun Pelajaran 2011/ 2012 1 BIO-PEDAGOGI 2012 1 Volume 1, Nomor 1 Halaman 63-74 000 Nasional Belum Terakreditasi
53 Taxonomic diversity of macroflora vegetation among main stands of the forest of Wanagama I, Gunung Kidul BIODIVERSITAS 2010 Volume 11, Number 2, April 2010 000 Nasional Terakreditasi
54 Pengaruh variasi metode dalam pembelajaran Discovery terhadap sikap Siswa SMP dan SMA Surakarta tahun 2007 SAINS MAT-P.MIPA-FKIP 2008 VOLUME 1 NO.11 2008 ISSN: 1693-2528 Nasional Terakreditasi
 

Buku

No
Judul Buku
Tahun
ISBN
Penerbit
Kategori
1 Modul Petunjuk praktikum Ekologi Tumbuhan 2008 MANDIRI Lokal
2 Petunjuk Praktikum Invertebrata 1990 UNSPRES Lokal
3 Animal Behaviour 1990 UNS PRESS Lokal
 

Jabatan

No
Jabatan
Institusi
Tahun
1 Panitia Pendidikan dan latihan Profesi Guru PLPG tahap II tahun 2010 UNS Juli - 2010
2 Ketua Program S1 IPA FKIP-UNS 2016 - 2019
3 Ketua Prodi. P. Biologi FKIP -UNS P. BIOLOGI-P.MIPA-FKIP 2007 - 2011
4 Ketua Lab P. Biologi FKIP-UNS P. BIOLOGI=P. MIPA-FKIP 2002 - 2007
5 Seketaris laboratorium Pusat Bagian Lab Biologi UNS UNS - 1998-2002
6 Ketua Lab P. Biologi FKIP-UNS P. BIOLOGI-P.MIPA-FKIP - 1998-2002